Pages

Daun Semanggi ; Clover Leaf

 



Daun Semanggi /clover leaf

Di daratan Eropa sendiri, khususnya Irlandia menjadi lambang khas negara ini. Mereka menyebutnya sebagai shamrock. Yang dipercaya dapat membawa kebahagiaan dan keberuntungan dalam hidupnya.

Setiap helai dari Four Leaf Clover ini mempunya makna tersendiri, seperti Faith (Kepercayaan), Hope (Harapan), Love (cinta), dan Luck (keberuntungan).

Taksonomi Tanaman Semanggi

Divisi : Pteridophyta Kelas : Filicianae Bangsa : Salviniales Suku : Marsileaceae Marga : Marsilea Jenis :Marsilea crenata Presl. Narna daerah Jawa : Semanggi (Van Steenis, 1975)


Manfaat dan kegunaan

1. Bahan makanan

Di dearah surabaya banyak penjual pecel, memakai daun semanggi sebagai salah satu sayurannya; Pecel semanggi dan sayuran lain (lihat gambar) di guyur bumbu adonan yang terdiri dari kacang, petis, gula merah dan ketela rambat. 


Pecel semanggi


2. Sebagai tanaman obat
* Daun dan batang semanggi mempunyai khasiat sebagai peluruh air seni (diauretik herbal)

*  manfaat sebagai obat influensa, anti hipertensi, mengatasi terlambat datang bulan, melancarkan aliran darah, meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi resiko kanker

* Kandungan aktif kimiawinya yaitu  saponin dan polifenol.

Saponin dapat menurunkan kolestrol, mempunyai sifat sebagai antioksidan, antivirus, dan anti karsinogenik dan manipulator fermentasi rumen (Suparjo, 2008)

Polifenol merupakan senyawa turunan fenol yang mempunyai aktivitas sebagai antioksidan.


Filosofi Daun Semanggi

Semanggi berdaun empat sangat sulit unuk ditemukan. Dikutip dari situs The Spruce, semanggi berdaun empat adalah variasi dari semanggi putih tiga daun atau trifolium repens. Para peneliti dari University of Georgia percaya kombinasi gen dan lingkungan membuat mereka menumbuhkan daun ekstra.

Semanggi berdaun empat, kemungkinan untuk menemukannya adalah 1 dalam 5.000 atau 1 dalam 10.000 daun semanggi tiga daun.

Itulah mengapa daun ini disebut sebagai keberuntungan bagi siapa saja yang menemukannya. Asal muasal semanggi berdaun empat yang membawa keberuntungan berasal dari pendeta Celtic kuno, atau Druid. Mereka mengangkat semanggi berdaun empat yang lebih langka ke status jimat keberuntungan yang menangkal roh jahat.

Bagi masyarakat Irlandia, daun semanggi merupakan daun pembawa keberuntungan.

Bagi masyarakat Indonesia, terutama yang tinggal di Jakarta, pasti tak asing dengan nama Jembatan Semanggi, karya anak bangsa bernama Ir. Sutami. Terinspirasi dari bentuk daun semanggi, terwujud konstruksi canggih dimasanya yang berupa jembatan /simpang susun semanggi.

animasi jembatan semanggi

* diambil dari berbagai sumber


Tanaman semanggi depan rumah :-)




Bunga tanaman semanggi





stay watch

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments: