Pages

Stoikisme


Stoikisme
adalah salah satu aliran filsafat yang banyak mengajarkan mengenai kendali diri.
 Dengan memahami prinsip ini, kita dapat mengubah perspektif tentang hidup dan menjadi lebih mampu menghadapi tantangan dengan sikap yang lebih bijaksana dan tenang

Deskripsi
Bayangkan kamu sedang bermain sepak bola. Tiba-tiba, kamu dilanggar oleh pemain lawan. Kamu merasa kesal dan ingin marah. Dalam situasi ini, Stoikisme dapat membantumu untuk tetap tenang dan fokus pada apa yang bisa kamu kendalikan.

Stoikisme adalah filosofi yang mengajarkan kita untuk membagi semua hal dalam hidup menjadi dua kategori: yang bisa dikendalikan dan yang tidak bisa dikendalikan. Hal-hal yang bisa dikendalikan termasuk pikiran, tindakan, dan reaksi terhadap peristiwa. Hal-hal yang tidak bisa dikendalikan termasuk cuaca, bencana alam, dan tindakan orang lain.

Dalam situasi di atas, kamu tidak bisa mengendalikan tindakan pemain lawan yang melanggarmu. Namun, kamu bisa mengendalikan bagaimana kamu bereaksi terhadap situasi tersebut. Kamu bisa memilih untuk marah dan kesal, atau kamu bisa memilih untuk tetap tenang dan fokus pada permainan.

Stoikisme mengajarkan kita untuk menerima hal-hal yang tidak bisa dikendalikan dan fokus pada hal-hal yang bisa dikendalikan. Dengan demikian, kita dapat menjalani hidup yang lebih tenang, damai, dan bahagia.

Penerapan Stoikisme dalam kehidupan sehari-hari :

  • Ketika kamu merasa marah atau kesal, tarik napas dalam-dalam dan tenangkan diri.
  • Pikirkan tentang hal-hal yang bisa kamu kendalikan dan fokuslah pada hal-hal tersebut.
  • Terima kenyataan bahwa ada hal-hal yang tidak bisa kamu ubah dan bisa diubah.
  • Khusnudhon, baik sangka dimana segala sesuatu di luar kita netral. Kita dari dalamlah yang bisa memandang itu + (khusnudhon) atau – (suudhon)

  • Belajarlah untuk bersyukur atas hal-hal yang kamu miliki.
  • Berlatihlah untuk hidup dengan kebajikan, seperti kebijaksanaan, keberanian, keadilan, dan moderasi.

  • Menyelesaikan masalah dengan menyederhanakannya, tidak memperumitnya, overthink, dll. Pernah ingat pesan nabi: “Permudahlah urusan orang lain…”
  • Selaras alam, itu sangat dipraktekan daripada Nabi sampai ulama-ulama. Sebab segala makhluk hidup maupun mati itu berdzikir

Inti dari Stoikisme adalah hidup selaras dengan alam.
Stoikisme percaya bahwa alam semesta diatur oleh Logos, yaitu akal universal. Logos adalah prinsip yang mengatur semua peristiwa di dunia. Stoikisme menekankan pentingnya hidup selaras dengan Logos dan menerima apa pun yang terjadi sebagai bagian dari rencana yang lebih besar.




stay watch

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments: