Pages

Ternyata Perputaran Arah Jarum Jam Kita “Counter Naturalwise”

Mengapa umumnya jam yang sering kita temui berputar kekanan? :::

jam AntiClock Wise / Jam natural wiseAndai bumi dibelah pada garis khatulistiwa, sebagian besar daratan ada di sebelah utara. Dan kelompok masyarakat yang menentukan arah jarum jam seperti sekarang adalah mereka yang hidup di sebelah utara khatulistiwa.
Dan mengapa mereka menentukan arah seperti itu?
Karena zaman dulu mereka menggunakan jam matahari.🌞

Jam matahari pada masa itu menggunakan bayangan sebuah tiang untuk menunjukkan waktu. Di bumi bagian utara, matahari terlihat agak ke selatan. Maka waktu posisi relatif matahari bergeser dari timur di pagi hari ke barat di sore hari, arah bayangan tiang bergerak dari barat, ke barat laut, ke utara, ke timur laut, lalu ke timur, atau sekarang kita namai searah jarum jam. Pada puncak tengah hari, bayangan tiang akan menunjukkan arah utara.

Waktu jam mekanik diciptakan, bentuknya dibuat mirip dengan jam matahari. Jadi arahnya bergerak ke arah putar yang kita namai searah jarum jam itu. Juga pada tengah hari, jarum jam akan tepat menunjuk ke atas (mewakili utara).

Gerak tersebut diatas kita sebut dengan counter naturalwise (bertentangan dengan arah gerak alamiah.
Gerak alamiah di alam: rotasi bumi, rotasi bulan, matahari, planet2 lain, proton, elektron dan neutron didalam atom,  gerakan orang thawaf selaras bergerak dari kiri ke kanan, begitu juga gerakan orang membaca Quran..serta semua gerak alamiah di alam ini.

Jadi kalau kita melihat gerak jarum jam Thawaf ini setidaknya kita melihat gerak natural wise atau fitrah wise. 😆😀

*disitir dari berbagai sumber 

 Ingin memiliki jam Anti ClockWise : klik link ini  atau buat penngemar bola klik ini




 

stay watch

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments: