Pages

Hukum Termodinamika

 






Ketika menonton salah satu sequence talk show "The end Game" nya Gita Wirjawan di yt, curious juga tentang aplikasi hukum termodinamika di berbagai sisi kehidupan.
Browse dan Cermati lagi teori dasarnya untuk hukum itu......:-)



1. Hukum Termodinamika I

Hukum Termodinamika I, juga dikenal sebagai Hukum Kekekalan Energi, menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan atau dihancurkan. Energi hanya dapat ditransfer atau diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya.  

Misalnya, menyalakan lampu listrik tampaknya adalah proses menghasilkan energi. Namun, sebenarnya hanya mengubah energi listrik menjadi energi cahaya.




2. Hukum Termodinamika II

Menyatakan entropi suatu sistem tidak dapat berkurang, namun akan cenderung bertambah. Entropi merupakan tingkat “keacakan” atau “ketidakteraturan” dalam suatu sistem. Penerapan hukum ini terjadi pada perpindahan panas (kalor) secara spontan dari benda panas ke benda dingin. Perpindahan panas tejadi karena entropi akan bertambah akibat pergerakan partikel yang meningkat seiring perpindahan kalor.

3. Hukum Termodinamika III

Hukum Termodinamika III menyatakan bahwa entropi suatu sistem mendekati nilai konstan, yaitu nol, ketika suhu mendekati nol absolut. Suhu nol absolut ini merupakan dasar perhitungan dalam skala Kelvin, yang setara dengan -273,15 ⁰C. Skala Kelvin ini digunakan  

stay watch

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments: